Friday, March 25, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vios Gen 1

Vios Gen 1 - Toyota Vios adalah mobil sedan subkompak pengganti Toyota Soluna yang mulai beredar di Indonesia sekitar tahun 2002. Toyota Vios yang akan kami bahas kali ini adalah Toyota Vios generasi pertama, dengan kode XP40 yang beredar dari tahun 2002 hingga tahun 2006. Positioningnya sebagai sedan subkompak memiliki pesaing seperti Honda City, Suzuki Baleno, dan Hyundai Accent.


Sebagai pengganti Soluna, desain Vios secara signifikan jauh lebih baik. Jika dibandingkan dengan Soluna yang desainnya masih mengotak, Vios memiliki desain lebih membulat sehingga terlihat lebih up to date dan modern dengan lampu depan kristal dan gril yang besar. Pada masanya, terdapat facelift yang dilakukan pada tahun 2006 dengan sedikit ubahan di lampu depan, foglamp, dan bumpernya. Versi facelift menurut kami jauh lebih cantik dan proporsional. 


Menuju ke bagian belakang, kesan mewah juga ingin ditonjolkan pada Vios ini dengan penggunaan lampu belakang kristal berdimensi cukup besar. Pada versi faceliftnya terdapat sedikit ubahan di ornamen lampu rem yang memiliki strip warna clear yang, sekali lagi, kami merasa jauh lebih cantik. Secara keseluruhan, desain Vios generasi pertama cukup cantik. Ban sendiri menggunakan ukuran 15 inch yang dirasa cukup untuk sebuah sedan subkompak. Sedangkan pemasangan antenna permanen yang cukup panjang di atap membuatnya terlihat sedikit aneh. Untuk ukuran sedan, Vios memiliki ground clearance yang cukup tinggi sehingga aman melibas jalanan rusak atau genangan air.

Vios versi facelift

Masuk ke interiornya, hal pertama yang mencolok adalah semua kontrol dan informasi terpusat di bagian tengah. Instrument cluster berada di tengah bukanlah selera setiap orang, namun penempatan instrument cluster di tengah membuat visibilitas ke depan jadi lebih luas. Cukup beruntung bahwa instrument clusternya miring diarahkan ke arah pengemudi sehingga lebih mudah untuk dipantau, tidak seperti Yaris ataupun Nissan X-Trail yang lurus. Tombol pengaturan AC nya sederhana model putar "kompor gas" serta setir palang tiga yang modelnya terasa hambar dan ukurannya agaknya sedikit terlalu besar. Nilai positif dari kabin ini adalah tempat penyimpanannya yang cukup banyak. Untuk versi facelift ditambahkan fitur pelipat spion elektris. 


Mesin yang digunakan adalah mesin legendaris nan fenomenal 1NZ-FE yang hingga saat ini masih digunakan di Vios dan Yaris terbaru. Mesin ini memenangkan award Engine Of The Year dari salahsatu tabloid otomotif terkemuka. Dan bukan tanpa alasan. Mesin ini memang bertenaga sekaligus irit bahan bakar, sehingga tagline Fuelsaver and Speedmaker di generasi Vios terdengar sangat masuk akal. 

 

Penulis pernah merasakan impresi berkendara Vios generasi pertama ini. Hal yang cukup mengganggu penulis adalah posisi mengemudinya yang kurang ergonomis karena posisi duduk yang agak tinggi, tidak seperti sedan pada umumnya yang rendah. Lalu kualitas material interior yang biasa saja, begitu pula dengan suspensi yang tergolong stiff. Namun hal ini membantu handlingnya yang cukup stabil dengan gejala limbung yang minim. Mesinnya sangat bertenaga di putaran bawah dan menghasilkan suara yang merdu. Penulis mencoba top speed mobil ini mencapai 155 km/h walaupun dengan waktu yang cukup lama karena pada putaran atas seperti kehabisan tenaga. Lalu konsumsi bbmnya sangat irit walaupun direkomendasikan untuk menggunakan BBM sekelas Pertamax.

Jika anda tertarik meminang Vios, maka siapkan budget 70 juta hingga 100 juta. Kami menyarankan anda untuk membeli versi facelift tahun 2006 karena selain modelnya yang lebih cantik, unitnya tidak sebanyak model pre-facelift sehingga sedikit memberi kesan eksklusif. Jangan khawatirkan tentang spare parts karena sangat melimpah, dan daya tahannya teruji karena unit ini pernah digunakan sebagai taksi. Untungnya sudah semakin jarang Vios generasi pertama yang dijadikan sebagai taksi sehingga stigma "mobil taksi" pada Vios generasi pertama ini lama kelamaan semakin luntur.

KELEBIHAN Toyota Vios Generasi 1
- Model manis (terutama versi facelift)
- Mesin handal, bertenaga dan irit
- Tergolong stabil dan minim limbung
- Spare parts melimpah
- Ketahanan teruji, terutama sektor kaki-kaki
- Image Toyota
- Bagasi luas
- Harga mulai terjangkau

KELEMAHAN Toyota Vios Generasi 1
- Suspensi cenderung keras
- Jok belakang agak tegak/kurang rebah
- Instrument Cluster di tengah bukan selera semua orang
- Tenaga pas-pasan di putaran atas
- Masih ada sedikit image mobil taksi

Demikian artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vios Gen 1. Jangan lupa buka terus website otomotify.com untuk info seputar dunia otomotif. Sampai jumpa!

Load disqus comments

0 comments