Thursday, March 24, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Corolla AE112

Kelebihan New Corolla - Kali ini otomotify akan membahas tentang Toyota New Corolla yang merupakan versi facelift dari All New Corolla. Versi yang kali ini memiliki kode AE112 tetap merupakan Corolla generasi kedelapan dari seluruh trah Corolla atau kode E110 untuk pasar Eropa. Seperti model yang digantikannya, New Corolla AE112 ini diluncurkan dalam rentang waktu yang cukup singkat, dari tahun 1998 hingga 2000. 



Dari segi desain, New Corolla AE112 mengalami peningkatan dari segi wajahnya yang terlihat lebih modern dengan penggunaan lampu kristal dan desain grillnya. Pada dasarnya New Corolla AE112 ini masih sama dengan All New Corolla AE111 dengan profil bodi yang kecil dan rendah. Namun bagian depannya lebih mudah untuk disukai ketimbang pendahulunya.



Menuju ke bagian belakang, kesan serupa kita temukan dengan penggunaan lampu belakang kristal dan ukurannya yang lebih besar semakin menonjolkan citra modern. Sehingga secara keseluruhan, New Corolla AE112 ini jauh lebih enak dipandang mata, berkesan lebih modern dan lebih mewah.



Masuk ke interiornya, terdapat beberapa perbedaan yang jelas terlihat. Diantaranya penempatan Head Unit yang kali ini sejajar dengan instrument cluster sehingga lebih mudah dalam memantau dan mengoperasikan fungsi Head Unit. Filosofi desain ini telah diterapkan pada mobil modern saat ini. Meskipun sejujurnya desain pada New Corolla AE112 ini masih terlalu kaku sehingga terlihat sedikit memaksakan. Perlu diingat bahwa foto diatas adalah New Corolla AE112 versi luar negeri dengan Head Unit Double Din sedangkan untuk pasar lokal hanya dibekali Head Unit Single Din. Imbas dari penempatan Head Unit ini adalah terdapat tempat penyimpanan di bawah tombol AC sehingga menambah akomodasi kabinnya. Seperti AE111, SRS Airbag sudah tersedia untuk pengemudi dan penumpang, kursi dilengkapi pengaturan Lumbar Support tersedia pengatur kecepatan wiper Intermittent.



Salah satu peningkatan signifikan adalah digantinya mesin 4A-FE menjadi 7A-FE berkapasitas 1.800 cc sehingga menawarkan tenaga yang lebih besar yaitu 120 hp pada 6.000 rpm dan torsi lebih besar 157 Nm pada 4.400 rpm dengan rasio kompresi 9,5:1. Seperti 4A-FE juga, mesin ini merupakan tipe non-Interference sehingga aman jika tiba-tiba timing belt putus.

New Corolla AE112 diluncurkan hanya dalam dua trim: XLi dan SE-G, trim S-Cruise ditiadakan. Tipe SE-G merupakan tipe tertinggi dan yang paling banyak berada di pasaran.
Untuk meminang New Corolla AE112 anda harus menyediakan budget mulai dari 60 hingga 80 jutaan, setara dengan harga seteru abadinya Honda Civic Ferio. Nah dibandingkan dengan Civic Ferio, New Corolla AE112 lebih pantas disebut sebagai seteru yang seimbang karena kini desainnya berimbang. Namun Corolla terkenal dengan kenyamanannya, sedangkan Civic terkenal dengan karakter yang fun to drive. Untuk pilihan ini kami serahkan kepada anda, namun jika anda prioritaskan kenyamanan maksimal, maka pilihlan New Corolla AE112 ini.

KELEBIHAN All New Corolla AE112
Desain modern, sangat nyaman, dimensi kecil sehingga mudah dikendalikan, bertenaga, irit bbm, harga cukup terjangkau, nama besar Toyota serta spareparts yang masih berlimpah.

KEKURANGAN All New Corolla AE111
Karakter pengemudian biasa saja.

Sekian dulu artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Toyota New Corolla AE112. Untuk anda yang sedang mencari sedan kompak harga terjangkau dengan nama besar Toyota tidak ada salahnya melirik mobil ini. Jangan lupa buka terus website otomotify.com untuk info seputar dunia otomotif. Sampai jumpa!
Load disqus comments

0 comments