Thursday, March 24, 2016

Info dan Review New Daihatsu Sirion FMC 2016

Info New Sirion - Daihatsu Sirion awalnya adalah sebuah mobil small hatchback keluaran Daihatsu yang tujuannya adalah untuk menyaingi Honda Jazz dan Toyota Yaris dengan kemasan yang lebih kecil dan lebih murah dan lebih menyenangkan untuk dikendarai. Sayangnya seiring berjalannya waktu ternyata positioning Sirion masih kalah dengan kedua mobil yang merupakan raja di kelasnya. Akhirnya Sirion saat ini bersaing dengan Toyota Etios Valco maupun Suzuki Celerio. Dalam post kali ini penulis juga akan mereview New Daihatsu Sirion FMC versi 2015 karena admin pernah memiliknya selama hampir setahun.



Dari tampilan, versi facelift ini mengalami perubahan yang paling banyak dari bagian depannya. Sekarang desainnya lebih memiliki karakter yaitu karakter sporti dan galak, berbeda dengan versi non-facelift yang cenderung lembut dan hampir tidak berkarakter. Desain fascia dengan garis-garis yang tegas, grill berwarna hitam, lampu projector dengan garis LED (yang ternyata hanyalah lampu senja biasa, bukan lampu DRL) sukses membuat New Sirion ini lebih berkarakter. Untuk versi 2016 varian Sport ditambahkan pemanis krom pada gril, garis pada rumah foglamp dan aktifnya sensor parkir depan yang pada versi 2015 hanyalah 'tempelan' semata.



Bagian belakang, kesan sporti coba ditunjukkan lagi dengan adanya aksen hitam di bemper belakang, usaha yang sama dilakukan oleh All New Honda Jazz. Perbedaan lainnya adalah lampu belakang yang bermodelkan clear lens membuat tampilannya semakin modern. Lalu spoiler belakang turut mendongkrak tampilan belakangnya. Sebagai kelengkapan standar sudah tersedia sensor parkir belakang untuk mempermudah saat parkir.



Satu hal yang penulis kritisi disini adalah penggunaan velg 14 inch. Memang desainnya sudah kekinian dengan model kipas menyerupai tren, namun velg 14 inch ini sepertinya kekecilan dan kurang pas. Sirion versi tahun 2013 pernah disematkan velg 16 inch yang menurut admin sangatlah ganteng dan mampu mengisi bagian kaki-kaki sehingga terlihat lebih proporsional. Semoga saja versi peningkatan Sirion kedepannya dapat disematkan velg 16 inch.



Masuk ke interior, anda akan disuguhi interior yang sporty dengan warna hitam dan sentuhan aluminium di bagian tengah. Kualitas interiornya tidak ada yang dapat dibanggakan, namun yang dapat dibanggakan adalah desain dan finishingnya yang sangat baik, tidak ada celah longgar maupun bagian yang turun jika ditekan, tidak seperti Honda Brio yang sangat murahan. Setir dapat diatur naik-turun, sudah terdapat steering switch control untuk mengatur audio, kursi pengemudi juga dapat diatur ketinggiannya, adanya pelipat spion otomatis, dan tempat penyimpanan yang melimpah. Oh iya, head unit kelihatannya seperti double din, kenyataannya head unit yang digunakan adalah single din dengan bagian interface yang melebar. Namun konektivitas CD/USB/Aux/Bluetooth sangat dapat diapresiasi. Selain itu sudah tersedia dual airbag dan ISOFIX.

Interiornya cukup lega. Konsep duduk yang ditawarkan adalah low floor and high seat, sehingga posisi kaki akan menujam ke bawah dan tidak selonjoran layaknya pada sedan. Hal ini membuat ruang kaki tetap luas dan tidak akan mentok baik ke dashboard maupun ke jok pengemudi. Solusi inilah yang diterapkan jika pabrikan ingin memproduksi mobil yang tetap lega namun dalam dimensi yang kecil. Jok belakang memiliki dua pengaturan kerebahan, walaupun kondisi paling rebahnya menurut penulis masih terlalu tegak. Bagasi dapat dibuat rata lantai, walaupun penerapannya tidak dalam satu langkah, jok bagian bawah kursi belakang harus diturunkan terlebih dahulu agar sandaran jok dapat rata dengan lantai. Agak rumit? Tidak juga jika kita sudah terbiasa.

Kesan mengemudi yang dihasilkan adalah, New Sirion ini merupakan mobil yang fun to drive di dalam kota dan perjalanan jarak yang tidak terlalu jauh.Tenaga mesin di putaran bawah sangatlah berisi dan responsif, cocok untuk karakter stop & go di perkotaan, namun sedikit kehabisan tajinya di putaran atas. Radius putar yang kecil juga sangat memudahkan. Mesin 1.300 cc nya sangatlah irit, dalam rute kombinasi yang didominasi kemacetan saja saya masih mampu mencetak 1:15. Selain itu New Sirion cukup bisa diandalkan untuk perjalanan ke luar kota karena suspensinya yang cukup stiff sehingga stabil dan minim limbung. Namun rasa mengemudi yang ditawarkan cenderung datar. Penulis menemukan setir terkadang tiba-tiba terasa berat dan ringan ketika menikung sehingga tidak memberikan feel yang tepat. Setir juga masih terlalu ringan pada kecepatan tinggi. Selain itu ridingnya cenderung keras, kompensasi dari handling yang baik dan minim limbung. 

Kesimpulan yang penulis dapat tarik adalah mobil ini cocok untuk anda yang sering mengemudikan mobil di dalam perkotaan dan hanya sesekali pergi ke luar kota atau jarang berada di tol dalam jarak jauh. Anda akan sangat puas dengan kemampuannya membelah kemacetan, saat berputar balik, kemudahan diparkir, kabin lega untuk membawa keluarga maupun teman, dan mesinnya yang sangat responsif nan irit. 

Demikian artikel tentang Info Review Daihatsu New Sirion FMC 2016. Kunjungi terus blog otomotify.com ini untuk mendapatkan informasi otomotif terbaru lainnya. Sampai Jumpa!
Load disqus comments

0 comments