Friday, March 25, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Genio

Mengenal Honda Civic Genio - Honda Civic Genio adalah sedan kompak generasi kelima dari seluruh jajaran produksi Honda Civic di seluruh dunia yang diproduksi pada tahun 1992 hingga tahun 1995. Khusus untuk pasar Indonesia, generasi kelima ini ditambahkan nama 'Genio' untuk versi sedannya sebagai salah satu ciri khas Honda dalam memberikan penamaan pada seluruh line up kendaraannya, menggantikan sang kakak Honda Grand Civic. Di luar negeri, model ini diberi nama Civic Ferio, namun jangan tertukar dengan Honda Civic Ferio yang ada di Indonesia karena nama 'Ferio' diperuntukkan untuk Civic generasi keenam.


Di Indonesia, Honda Civic generasi kelima tersedia dalam dua trim: sedan/saloon yang diberi nama 'Genio' dan hatchback yang diberi nama 'Estilo'. Dari segi desain, dibandingkan dengan Grand Civic, terlihat desain membulat ala tahun 90'an menggantikan desain mengotak dari sang kakak. Bagian depan cenderung simpel dengan lampu yang belum mengadopsi model kristal dan tanpa gril, kap mesin langsung bertemu dengan bemper depan. 


Ke bagian belakang, desain simpel kembali dilanjutkan dengan lampu belakang dan desain bagasi sederhana. Hasil keseluruhan adalah sebuah mobil dengan desain sederhana dan garis mengalir lembut dari depan ke belakang. Terlihat sederhana namun proporsional dan enak dilihat mata. Velg menggunakan ukuran 14 inch dan ground clearance yang tergolong cukup rendah.



Masuk ke dalam, kesan 'mengalir lembut' kembali ditonjolkan pada desain dashboard yang membuatnya menjadikan tempat yang menyenangkan untuk dihuni. Layaknya sebuah Honda, posisi duduk sangat ergonomis dan menonjolkan kesan sporti karena posisi duduk yang cukup rendah serta terdapatnya tilt steering untuk mengatur ketinggian setir. Tombol instrumen pengatur AC yang mudah dijangkau dan penempatan Head Unit yang tidak terlalu kebawah namun sejajar dengan setir memudahkan pengoperasiannya. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah minimnya tempat penyimpanan sehingga akomodasinya tidak terlalu baik.



Di luar negeri, Civic Genio dihadirkan dalam berbagai pilihan trim. Namun untuk pasar Indonesia hanya ditawarkan satu trim dengan mesin 1.600 cc 4 silinder PGM-Fi berkode D16, tanpa DOHC dan teknologi VTEC. Tenaga yang dihasilkan sekitar 120 hp pada 6.300 rpm dan torsi sebesar 140 Nm pada 5.500 rpm. Transmisi yang ditawarkan adalah manual 5 kecepatan dan otomatis 4 kecepatan. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang cukup besar dengan konsumsi bbm yang irit. Salah satu kelemahan yang sering dikeluhkan adalah mesin yang mudah panas karena radiator model 1-ply yang kurang maksimal dalam mendinginkan mesin, Untuk versi tahun 1994-1995 Honda telah mengupgrade menjadi radiator 2-ply. 


Meminang Honda Civic Genio saat ini dihargai pada kisaran 45 juta hingga 65 juta tergantung tahun dan kondisinya. Kami menyarankan untuk membeli Honda Civic Genio versi akhir yang telah dilengkapi dengan radiator 2 ply. Untuk membeli sebuah Honda dalam kondisi tua tidak ada bedanya dengan membeli Honda Accord Maestro. Hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi kaki-kaki dan bodi yang bebas dari karat. Selain itu sudah semakin sulit menemukan Honda Civic Genio yang memiliki bodi yang mulus, maka perhatikan dengan baik sektor ini. Pastikan mesin sehat wal'afiat dan jika membeli transmisi otomatis pastikan bahwa transmisi masih responsif dan tidak ada jeda/slip saat perpindahan gigi.

Rival utama dari Honda Civic Genio adalah Toyota Great Corolla dengan karakter yang bertolak belakang. Honda Civic Genio memiliki karakter sporti yang ditunjukkan oleh desain dan mesin yang lebih bertenaga, sedangkan Great Corolla menonjolkan kenyamanan. Sekarang pilihan ada di tangan anda. Jika menginginkan sedan yang sporti maka Civic Genio pilihannya.

KELEBIHAN Honda Civic Genio
- Desain bodi sporti dan stylish
- Fun to drive
- Mesin bertenaga sekaligus irit
- Spare parts masih berlimpah

KELEMAHAN Honda Civic Genio
- Kaki-kaki bukan yang terkuat
- Bodi rentan karat
- Sulit untuk menemukan unit yang masih mulus

Demikian artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Genio. Jangan lupa buka terus website otomotify.com untuk info seputar dunia otomotif. Sampai jumpa!

Load disqus comments

0 comments