Friday, March 25, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Ferio

Mengulas Honda Civic Ferio - Honda Civic Ferio adalah generasi keenam dari jajaran Honda Civic di dunia dengan kode sasis EK yang menggantikan sang kakak yaitu Honda Civic Genio. Di luar negeri, Civic EK ini dipasarkan dalam pilihan bodi sedan, hatchback, dan coupe. Untuk pasar Indonesia hanya dimasukkan versi sedan, dan tidak memasukkan versi hatchbacknya, tidak seperti pendahulunya yang masuk ke pasar dengan nama Honda Civic Estilo. Nah, untuk kali ini penamaan Ferio tepat digunakan untuk Honda Civic yang selama ini kita kenal.



Dari bagian depan, kesan modern terpancar dari penggunaan lampu kristal diamond cut dengan grill, tidak seperti kakaknya yang tanpa grill. Garis-garis lekukan bagian depannya tergolong sederhana namun berkesan mengalir. Jika disandingkan dengan mobil modern, maka model Civic Ferio tidak akan kalah karena masih terlihat segar dan enak dipandang mata.



Menuju bagian belakang, sektor ini belum terlihat modern karena penggunaan lampu belakang yang belum kristal. Namun garis lekukan bagasinya terlihat lebih berisi dan lebih 'semok'. Hasilnya desain Honda Civic Ferio masih dikatakan awet hingga sekarang, timeless dan cantik. Pada tahun 1999, Honda meluncurkan facelift pada Civic Ferio dengan menggunakan lampu depan berprofil berbeda dan lampu belakang kristal, yang semakin menonjolkan unsur kemewahannya.





Menuju ke interior, tidak ada yang spesial di sini kecuali desainnya yang sudah sesuai dengan zamannya, berkontur membulat dan tinggi sehingga tidak ada pengoperasian head unit yang terlalu rendah. Nilai positifnya kali ini akomodasi menjadi sedikit lebih baik. Namun satu hal yang menjadi kekurangan dibandingkan dengan rival sejatinya yaitu New Corolla yaitu tidak adanya Airbag di interiornya.



Mesin menggunakan 1.600 cc 4 silinder SOHC PGM-Fi VTEC berkode D16Y5 yang menghasilkan tenaga 110 hp pada 5.600 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.500 rpm. Karakter mesin ini layaknya mesih Honda pada zamannya yaitu bertenaga di putaran atas namun biasa saja di putaran bawah. Dengan kapasitasnya, mesin ini cukup bertenaga sekaligus irit bahan bakar. Teknologi VTEC yang disematkan merupakan versi economy atau VTEC-E yang bertujuan untuk mengejar efisiensi bahan bakar.

Dengan dibekali suspensi Double Wishbone di keempat roda, pengendalian Civic Ferio ini sangatlah menyenangkan dan fun to drive karena menjamin kestabilan tinggi namun masih diikuti dengan kenyamanan yang memadai, walau kenyamanan masih kalah dari New Corolla. Saingan terberat mobil ini tentu saja adalah Toyota New Corolla AE112. Secara keseluruhan, Civic Ferio sedikit lebih unggul dibandingkan Corolla baik dari segi penjualan dimasanya maupun penggemarnya. Jika anda menginginkan mobil bekas yang masih terlihat modern dengan harga cukup terjangkau serta image Honda akan kestabilan dan kesan berkendara sporti, maka Civic Ferio lah pilihannya. Harga Civic Ferio berkisar antara 65 juta hingga 90 juta.

KELEBIHAN Honda Civic Ferio

- Desain cantik dan timeless
- Kesan berkendara sporti
- Image Honda

KELEMAHAN Honda Civic Ferio
- Perhatikan kaki-kaki
- Tidak ada Airbag dan ABS
- Tidak senyaman New Corolla AE112

Sekian dulu artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Ferio. Jangan lupa buka terus website otomotify.com untuk info seputar dunia otomotif. Sampai jumpa!
Load disqus comments

0 comments