Saturday, March 12, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Toyota All New Corolla AE111

Kelebihan All New Corolla - Toyota All New Corolla (well, pada zamannya yaitu tahun 1996 bukan all new Corolla terbaru/Altis) merupakan sedan kompak yang diluncurkan oleh Toyota sebagai pengganti dari Toyota Great Corolla yang beredar pada tahun 1992 hingga 1995. Corolla ini merupakan generasi kedelapan dari seluruh trah Toyota dengan kode AE111 atau E110 untuk pasar Eropa. All New Corolla AE111 ini beredar hanya dua tahun dari tahun 1996 hingga 1997 sebelum digantikan dengan model New Corolla AE112.



Dari segi desain, All New Corolla AE111 ini sebenarnya tidaklah begitu menggugah. Desainnya malah cenderung sangat sederhana, sedikit membulat, dan lebih kecil. Dan memang benar saja, dimensi All New Corolla AE111 ini sedikit lebih kecil dibandingkan kakaknya Great Corolla. Dibandingkan dengan pesaingnya saat itu yaitu Honda Civic Ferio, mobil ini jelas kalah dari segi desain dimana Ferio memiliki desain yang lebih modern dan penggunaan lampu depan kristal. Untuk beberapa orang juga, desainnya cenderung datar serta membosankan, tidak segagah Great Corolla.



Pindah ke belakang, desainnya tidak secantik Great Corolla dan desain lampu belakang tergolong jadul. Kombinasi desain eksterior inilah yang membuat All New Corolla AE111 tidak terlalu sukses di pasaran saat itu dan kalah dari Honda Civic Ferio.



Masuk ke interior, maka kita akan menemukan dashboard yang tidak terlalu berbeda jauh daripada Great Corolla baik itu dari segi kualitas maupun layout dashboard secara keseluruhan walaupun telah didesain ulang agar sedikit lebih baik. Namun salah satu fitur di interior All New Corolla AE111 yang patut dibanggakan adalah adanya SRS Airbag, menjadikan mobil pertama di Indonesia yang memiliki fitur keselamatan pasif ini, sehingga Toyota disebut sebagai pionir fitur keselamatan di Indonesia. Kursinya sendiri telah dilengkapi pengaturan Lumbar Support dan sudah terdapat fitur pengatur kecepatan wiper Intermittent.



Mesin menggunakan tipe yang sama seperti pada Great Corolla, tipa 4A-FE 1.600 cc bertenaga 110 hp dan torsi 145 Nm. Mesin in merupakan mesin yang sangat enak digunakan baik itu dalam kota maupun luar kota, irit bahan bakar serta terkenal tangguh dengan kesediaan spareparts yang masih banyak. Mesin ini merupakan tipe non-Interference yang berarti jika suatu waktu timing belt rusak secara tiba-tiba maka tidak akan menyebabkan kerusakan yang sangat fatal di dalam mesin.

Pada masanya, All New Corolla AE111 diluncurkan dalam tiga trim: XLi, SE-G dan S-Cruise, dimana SRS Airbag tidak ada pada trim XLi karena ini merupakan trim terendah. S-Cruise merupakan trim tertinggi yang dilengkapi dengan spoiler belakang dan list dashboard wooden panel yang sekali lagi malah membuatnya terlihat aneh. Sehingga trim SE-G lah yang paling banyak beredar di jalanan.

Untuk meminang All New Corolla AE111 anda cukup menyediakan budget mulai dari 50 hingga 65 jutaan. Harga ini lebih murah dibandingkan dengan Honda Civic Ferio dan hampir setara jika dibandingkan dengan Honda Civic Genio maupun Toyota Great Corolla yang lebih tua. Hal ini mengindikasikan pasaran All New Corolla AE111 yang tidak sekuat pendahulunya. 

KELEBIHAN All New Corolla AE111
Harga terjangkau dengan usia relatif tidak terlalu tua, nyaman, kecil sehingga mudah dikendalikan, bertenaga, irit bbm, nama besar Toyota serta spareparts yang masih berlimpah.

KEKURANGAN All New Corolla AE111
Desain biasa saja

Sekian dulu artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Toyota All New Corolla AE111. Untuk anda yang sedang mencari sedan kompak harga terjangkau dengan nama besar Toyota tidak ada salahnya melirik mobil ini. Jangan lupa buka terus website otomotify.com untuk info seputar dunia otomotif. Sampai jumpa!


Load disqus comments

0 comments