Tuesday, March 8, 2016

Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord Maestro

Kelebihan Honda Accord Maestro - Honda Accord Maestro merupakan sedan yang diluncurkan di Indonesia pada tahun 1990 hingga tahun 1993 menggantikan pendahulunya, Honda Accord Prestige. Accord Maestro menggunakan generasi ke-4 dari keluarga Accord, dimana posisi Accord Maestro adalah sebagai sedan mewah berukuran medium dengan pesaing saat itu diantaranya Toyota Corona dan Mitsubishi Eterna. Nah kenapa saya mengangkat mobil ini? Karena saya punya mobil ini selama 6 tahun dan merasa layak untuk dipertimbangkan buat anda yang mencari mobil nyaman dengan harga terjangkau.



Dari segi dimensi, Accord terbaru lebih besar dari pendahulunya. Hal ini berimbas pada ruang kabin yang semakin lega. Namun aspek yang paling menarik dari Accord Maestro ada penampilannya. Dibandingkan dengan Prestige yang cenderung masih boxy, Accord Maestro memiliki bentuk yang membulat sesuai tren mobil 90'an saat itu. Desain membulatnya terlihat sangat proporsional, tidak ada sudut yang berlebihan, sehingga benar-benar enak dipandang mata dan terkesan timeless. Hal ini juga didukung lampu depan kristal (salah satu mobil pertama di Indonesia yang menggunakan lampu kristal) sehingga masih sedap dipandang mata hingga sekarang.



Masuk ke interior kita akan disapa dengan gaya interior ala mobil '90an dengan dashboard yang rendah serta penempatan Head Unit yang terlalu kebawah, berbeda dengan mobil saat ini. Namun karena diposisikan sebagai mobil mewah, maka kualitas kabin sangatlah baik. Dashboard bagian atas dipenuhi material soft touch yang sama sekali berkelas dan tidak murahan (tidak seperti interior Honda sekarang). Layoutnya sendiri simpel dan logis, enak dipandang serta kontrol segala tombol yang mudah dijangkau.



Dalam peredarannya, Accord Maestro meluncur dalam mesin Karburator (1990-1991) 2.000 cc yang menghasilkan 110 hp, dan mesin Injection PGM-Fi (1991-1993) 2.000 cc yang menghasilkan 133 hp dimana jika penulis tidak salah Accord Maestro adalah mesin Injection pertama yang dibawa Honda ke Indonesia. Mesinnya sendiri sangat bertenaga (jika sehat) dan untuk ukuran 2.000 cc cukup irit bahan bakar (jika sehat juga). Penulis sendiri merasakan mobil ini masih mantap dipacu hingga 170 km/h dan konsumsi BBM luar kota (dengan eco driving) bisa mencapai 1:12. Terdapat Facelift pada tahun 1992, dengan perbedaan di lampu sein depan-samping, bemper depan, lampu belakang, dan interior yang diberi fitur AC Digital dengan Climate Control (bayangkan mobil 90an ada fitur ini!), jok supir elektrik naik-turun (ini juga!) dan pelipat kaca spion.



Jika tertarik dengan Accord Maestro, maka siapkan kocek antara 30-50 juta, namun siapkan dana lebih dari itu jika ada Accord Maestro yang sangat mulus dan sudah dipenuhi aksesori orisinal. Penulis sendiri menyarankan anda untuk membeli versi akhir tahun 1993 yang sudah dipenuhi fitur canggih diatas. Lalu tidak ada salahnya setelah meminang Accord Maestro untuk bergabung ke dalam komunitas pengguna Accord Maestro karena banyak hal yang bisa didapat mulai dari referensi modifikasi, konsultasi masalah, hingga spareparts. Nah karena mobil sudah menginjak usia diatas 23 tahun, maka banyak yang harus dicek. Setidaknya sisihkan budget lebih untuk meremajakan Accord Maestro ini agar bisa prima seperti baru. 

Beberapa yang harus diperhatikan adalah pada kaki-kakinya. Lebih baik sisihkan dana untuk meremajakan bagian ini terutama pada karet/bushing yang cukup banyak. Lalu pastikan mesin sehat, bersuara halus, idle dengan rpm yang stabil, dan knalpot tidak berasap kebiruan yang menandakan membutuhkan overhaul mesin. Pastikan juga mesin mudah direstart pada temperatur mesin panas, karena terdapat masalah klasik pada Relay Fuel Pump yang membuat mobil sulit restart sebagai gejala awalnya. Lalu masalah klasik lainnya dari Accord Maestro adalah bagasi yang bocor. Hal ini disebabkan karat pada sekitar jendela belakang dikarenakan usia. Pastikan juga atap/plafon tidak lembab karena dapat terjadi bocor di area ini karena karat di sekitar karet atap.

KELEBIHAN
  • Model Timeless
  • Fitur canggih 
  • Nyaman dan stabil
  • Tenaga besar sekaligus cukup irit
  • Masih banyak aksesoris asli dan referensi modifikasi
  • Spare parts masih banyak tersedia

KELEMAHAN
  • Kaki-kaki bukan yang terkuat
  • Rentan karat yang berujung bocor
  • Ground clearance cukup rendah, hati-hati jika muatan penuh
HARGA
  • 1990-1991 sekitar Rp30.000.000,00-Rp40.000.000,00
  • 1992-1993 sekitar Rp40.000.000,00-Rp50.000.000,00
  • Kondisi sangat mulus/Mint diatas Rp50.000.000,00

Sekian dulu artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Honda Accord Maestro. Untuk anda yang sedang mencari sedan mewah berharga murah namun tidak terlihat tua maka tidak ada salahnya melirik Accord Maestro. Jangan lupa buka terus website otomotify.com untuk info seputar dunia otomotif. Sampai jumpa!


Load disqus comments

0 comments