Saturday, March 5, 2016

Sejarah Motor Suzuki Satria F150

Sejarah Motor Suzuki Satria - Motor Suzuki Satria terkenal sebagai motor bebek underbone berperforma kencang. Belum lama ini Suzuki melaunching varian terbaru Satria mereka yaitu All New Suzuki Satria F150. Dalam varian baru ini Suzuki menyematkan teknologi Injection yang membuatnya memiliki performa semakin baik. Namun sebelum kita mengetahui seluk-beluk dari All New Suzuki Satria F150 ini, tidak ada salahnya kita menyimak sejarah dari Motor Suzuki Satria di Tanah Air: dari versi 2-Tak hingga 4-Tak.

1. Suzuki Satria 120S
Ini adalah Suzuki Satria 2-Tak pertama yang diluncurkan di tanah air, pada bulan Oktober 1997. Basis dari motor ini adalah Suzuki RG-Sport yang memiliki mesin 110cc, namun untuk versi Satria ditingkatkan menjadi 120cc. Mesinnya memiliki konfigurasi tegak, berbeda dari mesin motor bebek lainnya saat itu yang memiliki konfigurasi tidur dan menghasilkan tenaga 13,5 ps pada 8.000 rpm dan sudah mengadopsi transmisi semi-otomatis 5 kecepatan. Suzuki menyebutnya sebagai motor canggih karena rangka sasisnya didesain menggunakan Suzuki Computerized Analyzed Frame (SCAF) berbentuk deltabox dan suspensi monosok. Motor ini secara resmi beredar pada tahun 1997-2002.




2. Suzuki Satria 120R
Versi R diluncurkan pada April 1998. Kali ini Suzuki menyematkan kopling manual dengan transmisi 6 kecepatan berkonfigurasi mirip motor sport dimana gigi 1 diinjak ke depan sedangkan gigi 2 sampai 6 dicongkel atau diinjak ke belakang. Pada varian ini disediakan versi Casting Wheel (CW) dimana disematkan rem cakram pada kedua rodanya. Namun anehnya pada varian ini tidak dilengkapi dengan electric starter (sedangkan pada Satria 120S sudah ada), mungkin agar feel motor kencang jalanannya semakin didapat ya. Motor ini secara resmi beredar pada tahun 1998-2005.




3. Suzuki Satria 120 LSCM
Akhir tahun 2003 Suzuki mengimpor utuh Satria 120 LSCM dari Malaysia (menurut beberapa sumber, LSCM kepanjangan dari Lion Suzuki Corporation Malaysia yang merupakan perakit motor Suzuki di Malaysia). Satria kali ini lebih dikenal dengan "Satria Hiu" karena desainnya yang benar-benar beda dari varian sebelumnya dan memiliki desain yang sangat agresif layaknya hiu. Namun varian ini hanya beredar sebentar saja karena peraturan pemerintah saat itu yang mengatur keberadaan mesin 2-Tak karena dinilai tidak memenuhi standar emisi.



4. Suzuki Satria F150
Akhirnya era 4-Tak dan mesin 150cc hadir pada varian ini, diluncurkan pada tahun 2004. Mengusung tagline "Hyper Underbone", Suzuki menggunakan mesin DOHC 4-katup berkonfigurasi tegak dan berkapasitas 150cc dengan transmisi 6 kecepatan. Mengambil basis dari Suzuki Raider 150, motor ini awalnya diimpor secara utuh dari Thailand. Namun karena ternyata Satria F150 ini sangat laku, maka Suzuki Indonesia membuat versi lokal dengan merakitnya secara CKD pada tahun 2006. Perbedaan versi CKD adalah adanya electric starter dan karena dibuat secara lokal maka harganya lebih murah. 



Pada varian ini, terdapat varian facelift pada tahun 2007 di lampu depannya dan menyematkan teknologi Suzuki Drive Mode Switch (S-DMS) yang memungkinkan kita menyeting mode mesin baik itu mode Eco atau Power. Sehingga secara keseluruhan, model ini beredar selama tahun 2004-2013 dengan beberapa facelift.



5. New Suzuki Satria F150
Tahun 2013 Suzuki meluncurkan model dengan desain bodi yang baru, walaupun secara spek mesin dan rangka masih sama dengan versi terdahulu. Perbedaannya terlihat dari desain bodi yang semakin tajam dengan garis-garis lebih tegas. Pada varian ini disematkan peningkatan pada tahun 2015 dengan menggunakan mesin yang telah lolos uji emisi Euro 3.

SATRIA F150 SE - Gold

6. All New Suzuki Satria F150 
Ketika wabah motor injeksi sudah menjamur, akhirnya Suzuki menyematkan teknologi injeksi pada varian terbarunya. Desas-desus Satria Injeksi sebenarnya sudah bereda sejak 2013 namun baru resmi diluncurkan tahun 2016. Performa mesin Injeksi diklaim jauh lebih baik ketimbang versi karburatornya, sehingga makin memantapkan posisi Satria F150 sebagai motor underbone tercepat. Selain itu, Satria terbaru ini menggunakan sasis terbaru dengan model Twinspar dan besi kotak. Lampu depannya menggunakan teknologi LED dan speedometernya sudah full digital.  



Demikian artikel tentang Sejarah Motor Suzuki Satria F150. Semoga bermanfaat bagi anda yang penasaran dengan Suzuki Satria dan silsilah sejarahnya. Kunjungi terus blog otomotify.com ini untuk mendapatkan informasi otomotif terbaru lainnya. Sampai Jumpa!
Load disqus comments

0 comments